Tips Memilih Titik Billboard Strategis Untuk Media Promosi

Menggunakan media billboard untuk pemasaran tentu akan membuat brand Anda lebih mudah dilihat oleh banyak orang. Cara pemasaran ini terutama populer di daerah padat seperti Jakarta. Dalam penggunaan billboard ini, Anda tentunya tidak boleh asal pilih tempat. Menentukan tempat yang paling baik untuk meletakkan billboard Anda tentu memiliki pengaruh besar dalam kesuksesan pemasaran.

Pasalnya sudah banyak perusahaan yang hanya buang banyak uang di billboard tapi merugi karena salah pilih tempat. Memilih tempat strategis di kota besar memang perlu usaha khusus, tapi hasilnya pasti lebih baik. Jangan hanya terpacu harga sewa spot billboard yang terjangkau atau bentuk billboard yang besar jika spotnya tidak baik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih titik billboard yang tepat :

1. Visibility

Visibility ini bisa diartikan seberapa terlihatnya billboard diukur dari sudut pandang target pemasaran Anda. Semakin banyak orang melihat billboard yang Anda pasang, makin banyak juga penjualan yang bisa Anda hasilkan dari hal ini.

Jika Anda ingin tahu bagaimana membuat billboard Anda memiliki visibility yang baik, ikuti tips berikut ini:

  • Pastikan billboard menghadap ke arah pengendara
  • Pastikan ketinggian billboard mudah dibaca dari kendaraan
  • Pastikan billboard tidak terhalang apapun

2. Keramaian Jalan

Hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih titik billboard berikutnya adalah memperhitungkan keramaian jalan. Hal ini tentu logis, semakin banyak kendaraan yang lewat lokasi billboard Anda, semakin banyak pula orang yang melihatnya.

Situasi jalan yang macet menandakan tempat yang padat kendaraan. Pada situasi macet, para pengendara akan cenderung melihat pemandangan sekitar. Jika billboard Anda ada di lokasi kemacetan ini, bisa dibilang banyak orang terpaku memandangnya sambil menunggu jalanan lancar.

3. Pikirkan Demografi Target Pemasaran

Mengetahui target untuk iklan adalah pengetahuan dasar pemasaran. Tidak semua orang bisa jadi customer yang ideal untuk usaha Anda. Penyesuaian konten iklan dengan target pemasaran sebaiknya disesuaikan agar lebih tepat. Untuk kasus billboard, Anda bisa sesuaikan target dengan memilih spot yang tepat.

Titik billboard tentu ada banyak dan bisa dipilih, tapi pikirkan kembali demografi yang akan melihat billboard Anda paling sering. Contoh saja, Anda menjual produk fashion wanita yang tergolong premium. Untuk memaksimalkan efek pemasaran billboard produk ini, Anda bisa pilih spot di area perkantoran bergengsi atapun pusat perbelanjaan.

Alasan spot ini dipilih adalah target Anda harus memiliki pendapatan yang mampu membeli produk Anda. Untuk barang fashion premium wanita, Anda bisa target wanita karir di area perkantoran ataupun fashionista yang sedang belanja. Semakin sering target customer Anda melihat hal ini, semakin tinggi kemungkinannya mereka tertarik dan membeli produk dari Anda.

Kesimpulan

Dari informasi hal – hal yang harus diperhatikan di atas, Anda pasti sekarang sudah tahu apa yang harus Anda lakukan. Billboard memang memiliki kekuatan yang kuat sebagai alat pemasaran walaupun sekarang ini kita berada di era internet.

Sama seperti media pemasaran lain, penggunaan billboard yang sukses tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya. Semoga dengan pengetahuan dari artikel ini, Anda sekarang makin sukses memilih titik billboard dan mendapatkan banyak untung. Jika Anda memerlukan titik billboard di wilayah Kalimantan Timur, khususnya di Kota Samarinda, Anda bisa menghubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi dan juga penawaran harga khusus dari kami.